Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

TEORETIKUS TIPE 1


Dikenal juga sebagai aliran klasik, mengembangkan prinsip atau model universal yang dapat digunakan pada semua keadaan. Seperti telah dikatakan sebelumnya pada dasarnya masing masing melihat organisasi sebagai sistem tertutup yang diciptakan untuk mencapai tujuan dengan efisien.
 
Frederick Taylor dan Scientific Management

Ditebitkanya karya Frederick Taylor pada tahun 1911 yang berjudul Principles of scientific management menandai awal penciptaan sebuah teori yang serius di bidang menejemen dan organisasi, ia sangat yakin berdasarkan pengamatannya mengenai metode kerja pada saat itu, bahwa hasil pekerja para pekerja hanya sepertiga dari yang sebetulnya yang di hasilkan. Ia berusaha memperbaiki situasi tersebut dengan menggunakan metode ilmiah terhadap tugas tugas didalam pabrik. Keinginannya untuk mendapatkan suatu cara terbaik tentang bagaimana setipa pekerjaaan harus dilaksanakan merupakan bagian dari apa yang sekarang kita kenal sebagai masalah desain pekerjaan.

Henry Fayol dan Prinsip-prinsip Organisasi

Pada saat taylor menelus penelitian nya tentang menejemen pabrik di amerika serikat, Henry Fayol, mengkonsilasidasikan prinsip prinsip organisasinya. Meskipun mereka menulis pada waktu bersamaan, folus dari taylor dan henry berbeda, ide ide taylor didasarkan berdasarkan penelitian ilmiah, sedangkan fayol menulis atas dasar pengalamannya bertahun tahun sebagai seorang praktisi eksekutif. Fayol mencoba mengembangkan prinsip prinsip umum yang dapat di aplikasikan pada semua menejer dari demua tingkatan organisasi, dan menjelaskan fungsi fungsi yang harus dilakukan oleh seorang menejer. Sedangkat taylor memusatkan perhatian pada tingkat yang paling rendah dari organisasi menejemen, yaitu tingkat paling rendah dari sebuah pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar