Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Kamis, 16 Januari 2014

Pengembangan Sistem Informasi Pada Counter Pulsa Sinarta

PENDAHULUAN
Pulsa telah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari basic necessity siapapun orangnya saat ini pasti membutuhkan pulsa. Pulsa juga memiliki potensi bisnis pulsa sangat besar karena memiliki tingkat repeat order yang sangat tinggi, walaupun margin keuntungan bisnis pulsa isi ulang secara nominal kecil, namun karena tingkat perputaran yang sangat tinggi, maka secara akumulasi akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar.
Realitas tersebut banyak menarik minat orang untuk terjun ke bisnis pulsa, paling tidak ada dua cara yang dapat dipilih untuk memanfaatkan peluang bisnis pulsa isi ulang, yaitu jualan pulsa atau membangun jaringan atau sebagai pemakai pasif.

SISTEM LAMA
Counter pulsa Sinarta merupakan counter pulsa yang terdaftar sebagai peserta pada server pulsa milik distributor atau bisa disebut dengan agen pulsa. Sehingga dalam pembelian pulsa berkala untuk mengisi saldo masih mendatangi distributor. Dan dalam pencatatan transaksinya masih menggunakan metode manual dimana setiap ada pembelian pulsa Sinarta masih mencatat dalam buku akuntansi.

SISTEM BARU
Berikut adalah rincian sistem baru yang akan diterapkan pada counter pulsa Sinarta agar terciptanya efektifitas dalam counter pulsa Sinarta.
·         Membangun server pulsa agar pengiriman pulsa agar lebih reliable. Dan dapat menjadi distributor pulsa sehingga memiliki mitra dalam penjualan pulsa.
·         Memberikan penawaran harga jual yang bersaing, bahkan kalau memungkinkan, anda menjual pulsa dibawah harga pasaran.

Metode
Dalam pengembangan sistem yang baru digunakan metode pembelian software yang akan diterapkan pada server pulsa. Pada saat ini banyak software pulsa yang handal seperti Server-X. Dalam melakukan metode ini maka pengembangan sistem tidak akan memakan biaya dan waktu yang lama, karena jika membuat software dari awal akan membutuhkan biaya dan waktu yang lama.

Teknik
Teknik yang digunakan dalam pengembangan sistem yang baru adalah dengan teknik JAD (Joint Application Design) yang merupakan kerjasama antara pemakai sistem dengan pengembang sistem untuk menentukan permintaan pemakai. Sehingga memberi kesempatan kepada user untuk berpartisipasi dalam pengembangan sistem serta menentukan dan meninjau persyaratan sistem.


PLANNING
Dalam perencanaan mengembangkan sistem yang baru ini, kami menggunakan faktor kelayakan atau TELOS. TELOS sendiri adalah gabungan dari kata Technical, Economic, Legal, Operational dan Schedule.

Telos
-          Technical
Dalam pengembangan sistem ini menggunakan teknologi yang sedang berkembang saat ini, yaitu menggunakan sebuah PC dengan spsifikasi yang cukup sebagai server, sebuah modem Wavecom yang dapat menangani transaksi pulsa, software pulsa Server-X dan sebuah koneksi internet yang stabil.

-          Economic
Biaya yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem ini tidak terlalu besar. Budget yang tersedia dalam pengembangan sistem ini adalah sebeasar 10 Juta. Berikut adalah rincian pertimbangan biaya dalam pengembangan sistem ini.
Jasa            : Rp 2.000.000
PC Server   : Rp 5.000.000
Modem      : Rp 550.000
Internet      : Rp 200.00/Bln
Software    : Rp 1.500.000
Lain-lain    : Rp 300.000
Total          : Rp 9.550.000

-          Legal
Tidak ada konflik antara sistem yang sedang dikembangkan dengan pihak pengguna.

-          Operational
Dalam hal ini pengguna dapat mengoperasikan sistem dengan mudah, karena sebelumnya pengguna sudah dilatih dalam mengoperasikan sistem ini.

-          Schedule
Dalam pengembangan sistem ini waktu yang diperlukan tidak terlalu lama. Dalam kurun waktu 5 hari sebuah sistem yang baru ini akan bisa langsung diimplementasikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar