Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Minggu, 02 Desember 2012

Menumbuhkan Kembali Rasa Nasionalisme

Nasionalisme adalah sebuah tuntutan politik. Setiap bangsa berhak menuntut kedaulatan atas negeri tempatnya tinggal selama berabad-abad berdasarkan alas an-alasan budaya, ekonomi dan kemasyarakatan. Sebagai dasar dan tujuan berdirinya negara republik Indonesia, asas nasionalisme  tercantum dalam Pancasila sebagai sila ketiga, yaitu Persatuan. Sebagai dasar ideology Negara Pancasila sepatutnya menjadi acuan kerangka kita dalam membangun kehidupan berbangsa. Sebbab selain dipandang sebagai dasar ideology Negara, Pancasila telh ditetapkan sebagai sumber hukum oleh MPR dan juga senantiasa dipandang sebagai paradigma budaya dalam melaksanakan semboyan Negara “Bhinneka Tunggal Ika”.


Sulit untuk mempertahankan semangat nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu terjadi karena masih banyaknya konflik antar suku. Masih banyak para remaja di negeri ini yang masih terlibat tawuran. Seharusnya, para remaja di Indonesia harus lebih menunjukkan semangat masa muda mereka dalam membela negara. Terlebih lagi negara kita memiliki hutang yang terbilang cukup banyak kepada negara-negara dan organisasi dunia. Padahal, ada banyak biaya yang sebenarnya tak perlu digunakan. Jika biaya tersebut dapat diminimalisir sedikit saja atau ditiadakan sama sekali, dana tersebut dapat digunakan untuk rakyat miskin dan untuk biaya pedidikan bagi generasi muda.
Bagaimana caranya agar Identitas nasional kita dapat bertahan dari segala hal yang dapat menggoyahkannya? Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mepertahankan identitas nasional kita. Yaitu dengan mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi. Jika kita lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama, maka negara kita ini takkan pernah bersatu padu dan akan runtuh dengan mudahnya. Selain itu, jaga kesopanan saat melakukan interaksi sosial. Karena kesan pertama itu sangat penting, jika kita tidak menjaga etika dalam berinteraksi sosial, maka identitas nasional kita akan dipandang buruk oleh orang-orang.  Para remaja juga harus menunjukkan rasa nasionalisme yang mereka miliki, bagaimana cara agar rasa nasionalisme yang mereka miliki tersalurkan dengan baik dan benar? Pertama, kita harus mendukung negara kita dalam berbagai bidang. Contohnya jika tim nasional sepak bola Indonesia akan bertanding melawan negara lain, kita sebagai warga negara Indonesia harus mendukung Indonesia. Kedua, kita harus berjuang di bidang yang kita ambil dengan sungguh-sungguh. Jika bisa, kita harus mengharumkan nama Indonesia di dunia.
Meskipun begitu, kita tetap harus belajar dari negara lain, dan selalu berhubungan dengan negara lain, agar kita tidak tertinggal dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Kita bisa belajar dari pengalaman negara lain, seperti negara Jepang yang terkena tsunami dan radiasi nuklir, tetapi negara mereka masih memiliki tekad dan kemampuan untuk membangun negara mereka.
Negara kita memiliki banyak potensi, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Tetapi, jika sumber daya tersebut tidak dikelola dengan baik maka sumber daya tersebut akan hilang dengan cepatnya. Disinilah pemerintah berperan, pemerintah harus mengelola sumber daya tersebut dengan baik dan benar.

refrensi: http://ahmadsamantho.wordpress.com/2012/05/31/nasionalisme-indonesia-perspektif-sejarah-bangsa-dan-pancasila/
http://naufalfakhriadi.blogspot.com/2011/11/kemanakah-rasa-nasionalisme-remaja-di.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar